Sabtu, 10 Desember 2011

Penyebab Kenalpot Mobil yang Berasap

 
Alat transportasi sangat kita perlukan dalam melaksanakan tugas sehari-hari. Maka keberadaan alat transportasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Berbagai macam alat trasportasi yang digunakan seperti sepeda kayuh atau sepeda motor, mobil dan sebagainya. Terkadang kita kurang peduli dengan kondisi kendaraan kita, kita hanya tahu untuk menggunakan saja tanpa merawatnya, ataupun sekedar merawat dengan ala kadarnya. Hal tersebut tidak sekedar membuat kinerja mobil menurun tetapi juga merupakan salah satu penyebab asap kebul knalpot mobil. Padahal perawatan bagi kendaraan kita sangatlah penting karena akan mempengaruhi kenyamanan kita dalam berkendara.
Penyebab asap putih dari knalpot mobil salah satunya adalah ketika mobil telah mulai menunjukkan turunnya daya dorong, ini berarti kompresi yang dihasilkan dari proses pembakaran mesin tidak maksimal. Kompresi yang tidak maksimal ini disebabkan karena ring sekernya sudah aus dan longgar dan tidak lagi mampu menahan tekanan udara yang dihasilkan dari pembakaran. Akibat selanjutnya adalah masuknya olie mesin ke dalam ruang pembakaran dan ikut terbakar. Inilah penyebab asap knalpot mobil putih. Dari hal tersebut patutnya kita selalu melakukan cek rutin untuk mesin mobil. Apabila memang keadaan sudah parah segeralah bawa mobil anda ke bengkel kepercayaan anda.
Satu diantara tanda-tanda kinerja mobil menurun adalah menurunnya daya dorong mobil ketika pedal gas kita injak, keluarnya asap dari kenalpot yang berlebihan. Jika ditemukan keadaan seperti itu maka kita perlu mencari penyebab asap knalpot mobil putih. Pada prinsipnya knapot mobil selalu mengeluarkan asap, yang perlu diperhatikan disini adalah penyebab asap knalpot mobil putih, karena hal tersebut berkaitan langsung dengan menurunnya daya dorong mobil.
Mengingat pentingnya alat transportasi untuk kelancaran tugas sehari-hari maka kita perlu memberikan perhatian yang rutin kepada setiap alat transportasi yang kita gunakan sehari-hari. Misalnya mobil, maka salah satu yang wajib diperhatikan adalah memperhatikan dan merawat komponen-komponen penyebab asap knalpot pada mobil. Sehingga mobil selalu siap kita gunakan setiap saat, misalnya: tune up, ganti olie sesuai jadwal yang ditentukan, termasuk juga memeriksa tekanan ban, juga memeriksa keadaan sistem kemudi, sistem rem, air radiator dan lain-lain semua itu dimaksudkan agar mobil atau mesin mobil selalu dalam perawatan yang baik, sehingga awet dan kinerja mobil tidak cepat menurun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar