Sabtu, 10 Desember 2011

Jenis-Jenis Balap Mobil


Balap Mobil adalah olahraga yang banyak diminati, baik oleh anak muda ataupun orang tua – sebagai penonton atau peserta – Olahraga ini banyak diminiati dan paling sering dikomersilkan karena sangat banyak penggemarnya di seluruh dunia. Olah raga ini membutuhkan suatu tempat khusus yang disebut arena balap.
Arena balap secara khusus dibuat tergantung dari jenis balapan itu sendiri, Untuk balap mobil drag, hanya membutuhkan jalur lurus yang cukup panjang untuk bias memacu kendaraan secepat mungkin. Tentunya balap mobil jenis ini digunakan untuk menunjukkan akselerasi dari mobil balap itu sendiri dan kehandalan pengemudi untuk mengetahui waktu yang tepat saat akselerasi mobilnya.
Namun ketika arenanya berupa sebuah wilayah atau kawasan terbuka yang panjang maka lebih cocok untuk balap mobil off road, yang lebih mengutamakan kehandalan pengemudi dalam menguasai mobilnya mengitari arena balap. Balapan jenis ini banyak digemari karena juga memacu adrenalin pengemudinya. Kadang dibutuhkan pendamping pengemudi untuk menginstruksikan kondisi lapangan sehingga bisa diambil keputusan yang tepat.
Sedikit berbeda dengan off road, balap mobil sprint rally biasanya menggunakan mobil sedan dan juga lintasan atau arena yang berbeda, Bukan hanya kehandalan yang diadu di balapan ini tapi juga ketepatan perhitungan saat menikung bisa menentukan siapa yang lebih tangguh di balapan ini.
Sedangkan balap mobil modifikasi lebih mengutamakan ketangguhan dan ketepatan modifikasi daripada arena balapan itu sendiri, balapan jenis ini tergantung dari jenis modifikasi mobil yang ditetapkan, baik dari modifikasi mesin ataupun modifikasi part mobil yang boleh digunakan. Tidak jarang balapan ini sangat menarik perhatian dikarenakan tiap tiap mobil akan memiliki ciri khususnya masing masing, tergantung dari kreatifitas teknisinya, dan tentunya tidak melanggar batas dan criteria dari balapan ini.
Apapun jenis balapnya jika memang hobby balap lebih baik disalurkan pada tempat yang tepat, selain hobby tersalurkan, siapa tahu bisa menjadi juara balapan, akan lebih membanggakan daripada kebut kebutan di sembarang tempat. Dan yang terpenting selalu utamakan keselamatan berkendara, pastikan seluruh kondisi mobil dan pengemudi dalam keadaan prima sebelum balapan dimulai. Akhir kata, selamat berlomba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar