Rabu, 07 Desember 2011

Digarap Sebulan, Tampilan Jazz Jadi Gahar

Mungkin banyak yang tidak percaya kalau All New Honda Jazz ini hanya dikerjakan satu bulan. Selain itu, hatchback tersebut akan diikutkan dalam lomba Jazz Tuning Contest 2010. Sudah begitu, pengerjaan tak hanya eksterior, tapi juga mesin, interior, dan suspensi.Untuk bisa memodifikasi secepat itu, Davin Elika membocorkan kalau ia memakai trik khusus. "Pakai dua mobil buat mempersingkat pengerjaannya," ujarnya. Maksudnya?
Dalam proyek ini, Davin menyiapkan dua Honda Jazz. Yang satu masuk bengkel untuk oprek mesin, sedang satunya lagi buat pengesetan body kit yang bisa memakan waktu 2-3 minggu. Kalau mengandalkan satu mobil, katanya, pasti enggak kelar.
Untuk konsepnya, Davin mengaku terinspirasi dari mainan R/C. Jadi, grafis dibikin ramai dan velg sekalian dicat ngejreng. Desain eksterior dibuat seperti mobil balap karena dia ingin berpartisipasi di ajang Time Attack.
Makanya, ada pengaplikasian front lips carbon spoiler yang terpasang bolt-on di bawah bemper depan. Sementara itu, tampilan belakang diperkuat dengan diffuser dan spoiler di bagian atap. Lalu, ada pula air dam besar di tengah yang berfungsi untuk mendinginkan intercooler dan radiator. Adapun yang di kiri sebagai penyeimbang. "Semua body kit dibuat Jona Auto Design. Hanya, yang kasih ide saya," papar Davin.
Karena alirannya balap, mesin pun harus gahar. Perangkat turbo HKS khusus GE8 dibenamkan di mesin dengan setelan boost 0,9 bar. Untuk mengimbangi tenaga yang besar itu, maka piston standar diganti piston dengan set yang low compression. Untuk connecting rod, ia pun memakai produk Crower yang daya tahannya dinilai kuat.
Perangkat turbo diatur oleh ECU stand alone HKS F-con V-Pro yang dilengkapi dengan launch control. Agar manuver di tikungan tetap stabil, produk HKS (coilover) dengan rem AP Racing pun terpasang sebagai suspensi serta dipadu velg Advan RGII.
Pantas, ketika dilombakan pada ajang kontes, Jazz ini dinobatkan sebagai King of Jazz Tuning 2010. Selamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar